Link

Selasa, 20 Januari 2015

Eksperimen Senin

Dear Dreamers!

Hari ini saya memulai pekan ketiga saya dengan setumpuk kegiatan lab. Dr. Yamazaki, melalui Kohara-san, meminta saya untuk melakukan passaging cells untuk kedua sel yang saya kultur, sel 293/null dan sel 293/hTLR9. Masing-masing sel akan saya passage untuk dua labu kultur. Satu labu akan digunakan untuk passaging cells berikutnya, satu lainnya akan digunakan untuk eksperimen saya. Hari ini saya juga harus menyelesaikan eksperimen ELISA saya.

Kami lalu bergegas ke lab untuk melanjutkan eksperimen ELISA. Karena eksperimen ELISA ada jeda inkubasi yang cukup lama, jda inkubasi saya gunakan untuk passaging cells untuk sel 293/null, karena saya sudah membooking clean bench untuk hari ini.

Usai makan siang, saya kembali melanjutkan eksperimen ELISA. Jeda inkubasi saya gunakan untuk melakukan passaging cells untuk sel 293/hTLR9. Kohara-san hanya bisa menemani saya hingga sebelum pukul 15.00, sehingga sisa eksperimen harus saya selesaikan seorang diri.

Alhamdulillah masih ada Morita-sensei di lab, sehingga ada yang bisa saya tanyai saat saya perlu bantuan.

"Kira-kira ada yang bisa saya bantu?" tanya Morita-sensei ramah.

"Mmm, saya butuh bantuan di bagian ini, sensei," kata saya sambil menunjuk langkah terakhir: analisa menggunakan plate reader. "Oshiete kudasai masenka (bisakah mengajari saya)?" tanya saya.

"Hai, wakarimashita (baiklah saya mengerti)," jawab Morita-sensei.

Setelah rangkaian eksperimen usai, saya dibantu Morita-sensei menggunakan plate reader untuk analisis hasil ELISA.

"Sensei sudah berapa lama bekerja di NIMS?" tanya saya di sela eksperimen.

"Sudah 9 tahun di sini," jawab beliau lalu tersenyum.

"Sou... sudah lama sekali ya," ujar saya bergumam.

"Kamu tinggal di mana? Ninomiya?" tanya Morita-sensei.

"Iya sensei," jawab saya.

"Rumah saya di dekat Ninomiya."

"Benarkah? Di sebelah mana sensei, mungkin saya pernah lewat," tanya saya penasaran.

"Kamu tau toko sepatu dekan Ninomiya? Rumah saya di depan situ," kata Motita-sensei.

"Aaahh... souka? Berarti saya pernah lewat dong. Saya beberapa kali melintas di toko sepatu itu, soalnya saya lihat ada diskon. Mungkin bulan depan saya mau beli sepatu," kata saya riang.

Pukul 18.05 saya usai melakukan pekerjaan lab. Saya pamit dan mengucapkan terima kasih kepada Morita-sensei.

Langit sudah gelap saat saya keluar dari bangunan lab. Sesampainya di ruang kerja, saya beres-beres dan pulang ke Ninomiya. Pekerjaan besok sudah menanti. Semangat!

Lagi passaging cells. Pict by Kohara-san

Tidak ada komentar:

Posting Komentar