Link

Selasa, 26 Agustus 2014

The Show Begins! (Part 1)

Dear Dreamers!

Dag dig dug! Inilah harinya! Jujur, bagi saya sendiri ini menjadi momen yang sangat menegangkan. Presentasi ini tidak hanya untuk mengenalkan Fakultas Teknobiologi UTS, tapi juga memperkenalkan Sumbawa secara keseluruhan.

Semalam sebelumnya, Pak Arief sudah pesan untuk tidur lebih awal, revisi presentasi yang akan kami sampaikan akan dikirim pukul 03.00 dini hari. Jadi, saya set alarm supaya bisa bangun lebih cepat. Sayangnya, alarm saya tidak cukup ampuh untuk membangunkan saya. Ketukan pintu dari Tegar—mahasiswa baru yg ikut serta—menyadarkan saya dari tidur pukul 05.00. Nooo!!!

Begitu saya membuka pintu, ternyata Tegar mau ngasih telepon dari Indah untuk segera membuka power point kiriman Pak Arief. Saya akhirnya kebagian jatah 3 slide dari total 14 slide. Tanpa lama-lama saya bergegas shalat subuh, lalu mandi. Baru setelah itu saya mempelajari slide saya. Cukup banyak sih, pukul 07.30 kami harus segera bersiap. But I refuse to give up. Try your best, Fahmi!

Agenda kami pagi hari yaitu menghadiri jamuan pagi dari Dubes AS untuk Indonesia, Mr. Robert O. Blake, Jr. Pukul 08.30 kami meninggalkan wisma menuju rumah Dubes AS di Jalan Taman Suropati No.3. Seperti biasa, pemeriksaan berlangsung cukup ketat dari pihak keamanan, lalu kami beriringan masuk ke rumah Dubes AS.

Well, sama seperti saat di @america, ini adalah kali kedua saya mengunjungi tempat ini. Saya menginjakkan kaki pertama kali tahun 2011 saat mengikuti National WORDS Competition yang diadakan AMINEF. Saat itu, kami menghadiri jamuan makan malam oleh Dubes AS saat itu, Mr. Ted Ossius.

Saya sempat tidak mengenali suasana di dalam rumah ini, sampai-sampai saya mengira rumahnya Pak Dubes udah pindah, hahaha. Namun—tentu saja—rumahnya masih sama. Di sini juga pertama kalinya saya bertemu Agnes Monica—penyanyi idola saya—dan membuat saya makin nge-fans sama dia :’D

Mr. Blake bersama asistennya, Mrs. Stephanie M. Stallings, menyambut kami dengan hangat. Dalam acara itu juga hadir Pak Arief, Doktor Zul, Sultan Muhammad Kaharuddin IV (Sultan Sumbawa), Bapak Agus Talino (Pimred Suara NTB), Pak Julmansyah (Wadek FTB sekaligus inisiator Jaringan Madu Hutan Sumbawa), dll. Lalu Pak Arief dan Doktor Zul becara bergantian menjelaskan tentang UTS dan perkembangannya saat ini—bagaimana Pak Arief mendidik mahasiswa agar dapat bersaing di dunia global, upaya Pak Arief dalam memperluas jaringan kerja sama dengan institutsi dalam dan luar negeri, kemudian penjelasan Doktor Zul tentang latar belakang berdirinya UTS dan perjuangan untuk membesarkan kampus ini—kemudian Mbak Sausan juga berbicara tentang keseharian mahasiswa dan bagaimana beliau selalu menyemangati kami agar tidak takut menghadapi dunia internasional agar dapat belajar banyak dari sana. Kemudian Sultan Sumbawa sempat berbicara mengenai perjalanan sejarah Sumbawa hingga kini. Menurut beliau, orang Sumbawa sebenarnya siap dalam menerima perubahan untuk kemajuan daerah, sehingga ini membuka peluang bagi investor yang ingin mengeksplorasi potensi lokal Sumbawa yang memang saat ini belum dikelola secara optimal. Lalu ada Pak Jul juga yang membahas tentang madu Sumbawa. Beliau juga secara khusus menghadiahi Mr. Blake satu botol madu Sumbawa! Oh iya, saya dapat jatah ngomong juga sih. Saya membicarakan mengenai kesan kami bisa berkunjung ke sini, kemudian tentang rencana kami berangkat ke Boston. Huaaa... rasanya grogi banget! Untungnya saya bisa menyelesaikannya dengan baik, fiuuhh...

Mr. Blake tampaknya sangat antusias dengan kehadiran kami. Beliau sangat mengapresiasi usaha kami di Sumbawa untuk terus berkontribusi dalam kemajuan pendidikan di Sumbawa dan Indonesia. Beliau berharap agar selanjutnya akan ada jalinan kerja sama yang intens antara UTS dengan institusi di Amerika, contohnya yang baru saja kami lakukan—Sumbawa Walk. Mr. Blake juga berpesan kepada tim yang akan berangkat ke Boston agar banyak mengeksplor kotanya dan belajar banyak tentang kehidupan di sana. “Jangan merasa takut kalau bahasa Inggrismu tidak begitu baik, karena orang-orang di Boston sangat ramah dan akan membantumu,” pesan Mr. Blake. Oh iya, Mr. Blake juga berencana untuk berkunjung ke Sumbawa lho! Terkait rencana itu, Doktor Zul dan Sultan secara khusus mengajak beliau mengunjungi Sumbawa dan plesir ke tempat-tempat menarik di Sumbawa.


Di akhir acara kami berfoto bersama Mr. Blake. Saya pun sempat berbicara singkat dengan beliau. Saya bilang kalau ini kali kedua saya ke sini dan saya merasa senang bisa berkunjung ke sini lagi. Pukul 10.30, kami kembali ke wisma dan mempersiapkan diri untuk acara di @america pukul 13.00.

Sultan dan Mrs. Stephanie
Lagi ngajakin Pak Dubes ngobrol
Suasana diskusi
Foto bareng
(bersambung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar