Link

Minggu, 24 Agustus 2014

An Invitation From US Embassy

Dear Dreamers!

Sebelumnya saya sempat 'nyeletuk' kalo Indah and the gank sedang dalam perjalanan ke Jakarta. Yup, it's about the biggest invitation for FTB this month! Jadi, keikutsertaan tim Sumbawagen dari FTB UTS dalam kompetisi iGEM 2014 yang akan diselenggarakan di Boston, Massachussets, rupanya menarik perhatian pihak Kedutaan Besar Amerika Serikat. Duta Besar AS untuk Indonesia, Roberts O. Black, Jr. secara khusus mengundang kami untuk melakukan presentasi tentang FTB dan berbagai kegiatan yang telah, sedang, dan akan kami lakukan. WOW!!! Rasanya senang dan sangat bangga bisa mendapat kesempatan sebesar ini. Dalam kesempatan ini, yang perlu saya garis bawahi adalah, kehadiran mahasiswa FTB UTS tidak hanya untuk mengenalkan fakultas maupun universitas, namun juga memperkenalkan Sumbawa.


Untuk memenuhi undangan ini, rencananya FTB mengirim 15 mahasiswa angkatan pertama untuk ke Jakarta. Namun, karena wet lab project kami belum beres, maka hanya 6 mahasiswa angkatan pertama yang ikut (7 bersama saya) dan 9 mahasiswa angkatan kedua. Rekan-rekan saya berangkat hari Kamis (21 Agustus 2014) dan tiba di Jakarta hari Sabtu pagi (23 Agustus 2014) dan menginap di Wisma NTB, Menteng, Jakarta Pusat.

Persiapan yang kami lakukan untuk menghadiri kegiatan ini antara lain presentasi kegiatan mahasiswa, yaitu Sumbawagen dan Sobat Bumi. Selain itu, presentasi juga akan disampaikan oleh Pak Arief (pengenalan FTB UTS), dan Mbak Sausan (Sumbawa Walk). Tidak hanya itu, persiapan lainnya yaitu performing arts yang menampilkan tari kreasi Sumbawa dan magic art, serta membawa souvenir dengan bahan dasar madu Sumbawa. Well, it's gonna be amazing moment for us! :D

Saya pun diminta menginap di tempat yang sama agar bisa ikut bersiap-siap. Sabtu siang, saya diantar oleh kakak saya dari Duri Kosambi ke Menteng. Sebelumnya sih saya sudah diberi beberapa petunjuk oleh Bu Aryana, rekan Dr. Zul yang memfasilitasi kami selama di Menteng. Sayangnya, kakak saya juga belum pernah melewati daerah ini sebelumnya, sehingga beberapa kali kami salah jalur dan bertanya pada orang-orang di pinggir jalan. Akhirnya, pukul 13.30 saya berhasil memasuki gerbang Wisma NTB, yeeayyy!!!

Setelah beristirahat sejenak, sore harinya Pak Arief mengunjungi kami untuk briefing kegiatan UI Walk, sebuah kegiatan riset sosial yang diinisiasi Stanford University, USA. Hasil riset dari Stanford University menyatakan bahwa berjalan kaki dapat menambah kreativitas. Karena itulah, UTS bekerja sama dengan UI melakukan kegiatan serupa di Indonesia. Tanggal 11 Agustus lalu, kegiatan riset telah dilakukan di Sumbawa dengan nama Sumbawa Walk.

UI Walk

Hari Minggu (24 Agustus 2014) subuh, kami meninggalkan wisma sekitar pukul 05.30 menuju kampus UI Depok. Rombongan dibagi dua: rombongan pertama (Mbak Sausan, saya, Ilham, dan Asma) menuju ke sana dengan mobil Pak Arief, sedangkan rombongan kedua menuju kampus UI menggunakan KRL a.k.a Commuter Line via stasiun Manggarai.

Setibanya di sana, saya dan Ilham kemudian menentukan rute yang akan dilalui peserta dalam kegiatan ini. Sepanjang perjalanan, saya merasa terpukau dengan nuansa sejuk dan hijau yang tercipta di kampus ini. Orang-orang lalu lalang dengan aktivitasnya masing-masing. Ada yang jogging, jalan santai, sepedaan, olahraga, ataupun sekedar nongkrong bersama. Saya berharap ke depannya kampus UTS juga bisa menjadi kampus yang hijau dan segar.

Well, back to UI Walk, hohoho. Pukul 08.00 peserta mulai berkumpul di gedung Departemen Biologi UI. Kami berkenalan dengan Dr. Anom, dosen Jurusan Biologi UI yang menjadi penanggung jawab UI Walk. Menurut saya, beliau orang yang ramah, seru, dan pandai bergaul. Saya suka melihat cara beliau berinteraksi dengan para mahasiswa, sangat bersahabat. Saya juga ketemu Kak Rizky di sini. Kak Rizky adalah alumni mahasiswa jurusan Biologi UI, yang hari itu datang untuk mengambil bahan riset dari Pak Arief.

Pukul 08.30, acara UI Walk dimulai, setelah sebelumnya dibuka oleh Dr. Anom serta sejumlah arahan dari Pak Arief dan Mbak Sausan. Saya dan mahasiswa FTB kebagian tugas menjadi 'tour guide' selama kegiatan. Setelah berjalan selama 30 menit, kami kembali ke lokasi awal dan para peserta mengikuti serangkaian tes kreativitas. 

Pukul 10.45, kegiatan UI Walk usai. Selanjunya kami menuju rumah Dr. Zul di Kalibata untuk menghadiri jamuan makan siang. Tidak hanya kami yang hadir di sana, ada juga mahasiswa FIKOM UTS yang sedang mengikuti study tour ke sejumlah stasiun tv dan beberapa lokasi lainnya. Suasana menjadi sangat ramai dan meriah.

Malam harinya, kami latihan untuk presentasi hari Selasa dan menghabiskan waktu dengan makan bersama dan sharing session. Hari yang melelahkan namun mengesankan.

Okay Dreamers, ikuti terus keseruan kami yaaa!!! :D

Foto di depan Wisma NTB
Ngasih arahan UI Walk


Saatnya jalan! :D





Mbak Sausan ngasih instruksi pengerjaan tes

Kak Rizky
Lagi ngeliatin apa siiih -_-
Foto bareng mahasiswa Biologi UI

Keramaian mahasiswa di kampus UI Depok

2 komentar: