Link

Sabtu, 23 Agustus 2014

Busway, Teman Seperjuangan

Dear Dreamers! 

Hari ini kan saya libur nih, saya mau curhat tentang beberapa ikon Jakarta yang sering saya jamah sehari-harinya: busway a.k.a Trans Jakarta.

Trans Jakarta adalah moda transportasi umum yang banyak digunakan warga Jakarta dalam bepergian, terutama sih buat mahasiswa dan pegawai kantoran. Selain murah, rute yang dilalui juga sangat menjangkau ke berbagai lokasi penting di Jakarta. Saat ini juga ada Trans Jakarta ada yang beroperasi lintas kota, seperti ke Bogor, Tangerang, dll (warna busnya biru, kalo yg beroperasi dalam kota warnanya merah-orange).

Sejauh ini saya merasa cukup nyaman naik Trans Jakarta, meskipun harus desak-desakan dan berdiri di sepanjang perjalanan. Hitung-hitung juga bisa cuci mata, hahaha. Hanya saja yang membuat saya tidak nyaman adalah bus Trans Jakarta yang harusnya bebas macet tetap aja jadi korban kemacetan. Ini karena jalurnya masih dilewati kendaraan lain, seperti motor, mobil, mikrolet, dan sejenisnya. Dulu saya pernah melihat fenomena ini di tv, dan sekarang saya merasakan sendiri betapa tidak enaknya terjebak macet. Sampai-sampai Bu Febri bilang begini: “Saya sama suami punya mobil di rumah, tapi dipakenya cuma pas weekend. Kalo hari kerja begini bisa-bisa saya sampe kantor 2 sampai 3 jam. Jadi kami kalo ngantor pake motor aja, bisa nyampe 1 jam.”


Mungkin Pemprov DKI perlu melakukan terobosan lebih jitu untuk mengatasi kemacetan Jakarta. Saya lihat setiap hari kemacetan di Jakarta benar-benar nggak ada matinya! Misalnya dengan menaikkan pajak kendaraan sehingga orang-orang akan berpikir berkali-kali untuk menggunakan kendaraan pribadi. Namun hal ini juga perlu diimbangi dengan penyediaan sarana transportasi umum yang lebih memadai. Untuk Trans Jakarta mungkin armadanya perlu diperbanyak. Selain itu perlu dimaksimalkan juga moda transportasi lainnya, seperti bus, kereta, mikrolet. Kalau saya lihat sekilas, sebenarnya moda transportasi di Jakarta cukup beragam dan banyak, namun sayangnya masih kurang terintegrasi dengan baik. IMHO, kalo Pemprov DKI berani bekerja lebih keras, investasi industri transportasi di Jakarta sangat menjanjikan. Dengan banyaknya pengguna kendaraan, jika mereka difasilitasi dengan baik, saya yakin akan sangat banyak pengendara yang akan beralih ke moda transportasi umum. 

Pada dasarnya semua orang ingin kemudahan, termasuk dalam bepergian. Orang Jakarta juga pasti jenuh kena macet terus tiap hari. Jadi, jika transportasi umum bisa disiapkan dengan baik, saya yakin masalah kemacetan bisa diatasi. Namun sekali lagi, perlu kerja keras dan upaya yang sungguh-sungguh dari seluruh lapisan masyarakat Jakarta untuk mengubah kondisi ini. Seperti kata Pak Sandiaga S. Uno, jika kita ingin sukses maka perlu 4 kartu As: Kerja keras, kerja keras, kerja tuntas, kerja ikhlas. Ini memang tidak mudah, namun tidak ada kata tidak mungkin untuk mengubah kondisi Jakarta menjadi lebih baik. Semangat!!!

Jalanan Jakarta pas weekend

Bus Trans Jakarta









Peta rute Trans Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar