Link

Selasa, 13 Mei 2014

Sobat Bumi Indonesia Engagement Program 2014: Mengenal Pertamina Lebih Dekat (3)

Dear Dreamers!

Apa kabar semuanya? Sudah baca postingan saya sebelumnya kan? Oke, mari kita lanjutkan petualangan kita ke sesi berikutnya!

6 Mei 2014: Goes to Balongan!!!
Hari ini, saya bangun lebih pagi karena jadwal kita hari ini adalah kunjungan ke Unit Pengolahan (Refinery Unit) VI Balongan!!! Wah, rasanya senang sekali, setelah di hari pertama kami dijejali materi, di hari kedua ini kami langsung meluncur ke lokasinya.

RU VI Balongan berada di Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Mulai beroperasi sejak tahun 1994 dan menjadi RU paling produktif saat ini.

Pukul 06.30 saya tiba di restoran untuk santap pagi. Pukul 07.00 kami berangkat ke stasiun Gambir menuju Balongan. Masih jam segini ternyata Jakarta sudah rawan macet, pemandangan yang tidak pernah saya temui di Sumbawa.

Pukul 07.30 kami tiba di stasiun Gambir. Ternyata stasiunnya keren juga, dan ini kali pertama saya melihat langsung stasiun ini—biasanya hanya lihat saat berita arus mudik mendekati Lebaran. Kami bergegas menuju KA Argojati yang akan kami tumpangi di peron 4. Saya memasuki kereta eksekutif itu lalu mulai mencari tempat duduk. Ini pertama kalinya saya naik kereta eksekutif. Suasananya cukup nyaman dan bersih. Pukul 08.00 kereta berangkat.

Sepanjang perjalanan kami habiskan dengan berfoto-foto, mencicipi oleh-oleh dari berbagai daerah di Indonesia, berbincang-bincang, hingga akhirnya tertidur karena sudah lelah beraktivitas.

Pukul 10.00, kami tiba di stasiun Jatibarang, lalu menggunakan bus menuju Balongan. Pukul 11.30, kami tiba di kawasan perumahan pegawai Pertamina di Balongan. Kami disambut dengan ramah oleh staf di sini. Setelah registrasi, kami makan siang lalu shalat Dzuhur.

Pukul 13.00, kami mendapat materi seputar aktivitas kilang di Balongan. Intinya, ada sejumlah mekanisme teknis yang dilakukan untuk mengolah minyak mentah menjadi berbagai produk minyak yang siap dipasarkan. Selain itu, Pertamina juga terus meningkatkan kapasitas kilang, baik secara kuantitas produksi maupun kualitasnya. Hasil dari produksi kilang inilah yang nantinya dipasarkan ke depot serta SPBU-SPBU untuk  bisa dinikmati konsumen.

Selanjutnya adalah momen yang kami tunggu-tunggu: kunjungan ke kilang! Untuk menuju ke sana, kami harus memakai seragam khusus yang disediakan staf, serta tidak diperkenankan membawa handphone dan kamera karena dapat mengganggu aktivitas kilang. Pukul 15.00 kami berangkat menuju RU VI Balongan.

Lokasinya ternyata cukup jauh, sekitar 35 km dari area perumahan. Dari kejauhan tampak cerobong-cerobong tinggi kilang yang masih melakukan aktivitas pengolahan. Kami pun tiba di RU VI Balongan sekitar pukul 15.40. Kemudian kami diajak berkeliling mengamati aktivitas kilang dari dekat menggunakan bus. Proses di sini sangat teknis, banyak mesin-mesin raksasa yang saya sendiri tidak terlalu paham mekanisme kerjanya seperti apa. Kalau masalah teknis seperti ini yang paling paham mahasiswa dari Teknik Kimia—jurusan idaman saya dulu.

Beberapa unit yang sempat kami kunjungi di RU ini adalah unit pemisahan sulfur, unit pendingin, mesin pemompa minyak ke kapal tanker, pipa transfer, controlling unit, penampungan limbah minyak, serta oil catcher—penangkap sisa-sisa minyak yang masih ada dalam air sisa pengolahan agar tidak keluar dari area kilang.

Selama sekitar 1 jam kami diberi kesempatan berkeliling di RU VI Balongan. Pukul 17.00 kami kembali ke kawasan perumahan untuk mengemasi barang-barang kami menuju penginapan. Kami tiba di penginapan beberapa saat setelah adzan Maghrib. Saya segera mengantar barang ke kamar, kemudian membasuh wajah sekenanya dan menunaikan shalat Maghrib. Usai shalat Maghrib, kami berkumpul di restoran menikmati santap malam. Acara dilanjutkan dengan perkenalan Departemen PSDM sekaligus presentasi program kerja, lalu dilanjutkan sharing session dengan seluruh pengurus yang juga dihadiri Bu Erna, perwakilan CSR Pertamina yang mendampingi kami selama kegiatan kunjungan serta CSR dari RU VI Balongan. Usai kegiatan tersebut, saya kembali ke kamar untuk beristirahat.

Perjalanan hari ini sangat melelahkan, namun sangat menyenangkan. Tentu saja ini pengalaman yang sangat berharga, bisa mengamati proses pengolahan minyak dari jarak dekat, yang biasanya hanya menyaksikan sekilas di layar kaca, dan belum tentu semua orang bisa mendapatkan kesempatan ini. Meskipun saya tidak begitu paham alur prosesnya secara detail, namun dari pengalaman ini saya bisa merasakan komitmen kuat yang dimiliki Pertamina untuk mengembangkan diri menjadi perusahaan kelas dunia, mengabdi untuk bangsa dan Negara.

Baiklah, waktunya saya untuk beristirahat, karena agenda besok sudah menanti. Penasaran seperti apa? Ikuti postingan saya selanjutnya yaa :)
Foto-foto:

Mendengar penjelasan dari staf RU VI Balongan

Kostum kunjungan ke Balongan :D

Mesin-mesin pengolahan di RU VI Balongan

Foto-foto sambil kunjungan (fotografer dapat izin bawa kamera)