Link

Minggu, 26 Oktober 2014

SUJUD SYUKUR DI LANGIT OBAMA (1)

Dear Dreamers!

Haaaiiiii!!! Long time no see you all!! Akhirnya saya ada kesempatan lagi buat nulis :')
Okay, pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi satu cerita fantastis dalam hidup saya! Apa itu??? Yuk, ikut saya!

iGEM : Ketika Elang – Elang Muda Melintasi Langit-Nya



Tahun 2014 menjadi tahun yang sangat menakjubkan bagi saya dan teman-teman saya dari Fakultas Teknobiologi Universitas Teknologi Sumbawa (FTB UTS). Tahun ini, kami kembali mendapat kesempatan menjajal kompetisi biologi sintetik internasional, iGEM (International Genetically Engineered Machine). Tahun 2013 lalu, kami sebenarnya juga mendapat kesempatan itu, dan mewakili Indonesia dalam kompetisi regional Asia di Hong Kong. Sayangnya, karena project kami belum selesai, kami harus menyimpan asa untuk membawa nama Indonesia. Alhamdulillah, ternyata kesempatan itu kembali datang kepada kami. Tak tanggung-tanggung, kali ini kami langsung berkompetisi di Boston, Amerika Serikat!

Sekedar informasi, jadi kompetisi iGEM ini mempunyai 2 mekanisme, yakni jambore regional dan kejuaraan dunia. Nah, kompetisi di Boston itu biasanya hanya diikuti tim-tim terbaik dari masing-masing benua, atau disebut kejuaraan dunia.  Tahun ini, iGEM merayakan hari jadi ke-10, sehingga sebagai hadiahnya, seluruh tim yang ikut akan langsung mengikuti jambore di Boston.

Boston, Massachussets
Kami pun melalui rangkaian seleksi yang ketat untuk bisa mewakili tim kami, Sumbawagen, dalam kompetisi ini. Seleksi dilakukan sejak bulan Maret hingga Agustus. Hasilnya, terpilihlah 8 mahasiswa yang mewakili tim Sumbawagen ke Boston, dan Subhanalah, nama saya ada di sana!

(Hampir) Tiada Hari Tanpa Tidur
Perjuangan kami menuju Boston tidaklah mudah. Untuk menyelesaikan project ini, setiap hari kami mulai berkegiatan pukul 08.00, dan berakhir paling pagi pukul 23.00—dan sangat jarang terjadi. Seringnya kami pulang tengah malam, menjelang subuh, bahkan tak jarang kami menginap di lab jika ada jadwal pengamatan.



Hal ini tentu menguras seluruh energi dan pikiran saya. Tak jarang saya merasa jenuh dan stres. Namun saat itu terjadi, saya mencoba meluruskan niat saya, bahwa yang saya kerjakan ini semata-mata untuk beribadah kepada Allah Swt, serta sebagai rasa syukur saya atas anugerah yang Allah berikan.

Akhirnya, tanggal 27 Oktober 2014, hasil kerja keras kami akan kami bawa ke pertandingan sesungguhnya: iGEM 2014 Giant Jamboree!

25 Oktober 2014: Sumbawa-Jakarta
Inilah hari terberat bagi saya: berpisah dengan orang-orang tercinta. Sebenarnya kalau sekadar berpisah sih sudah sering. Namun, yang membuat saya berat adalah berpisah sekaligus meninggalkan tanah air (untuk pertama kalinya). Untaian doa dari orang-orang terkasih tak henti mengawali perjalanan kami.

Alhamdulillah, pukul 21.40 kami tiba di Bandara Soekarno-Hatta. Kami dijemput Bang Iyan dan Pak Agus, orang-orang kepercayaan Dr. Zul (Rektor UTS) yang akan mengantarkan kami ke rumah beliau di BSD, Tangerang.


Waktu di BSD kami manfaatkan untuk beristirahat sekaligus menyusun strategi selama di Boston.  Tak hanya itu, saya sempat mengontak tim iGEM Boston University dan MIT untuk menanyakan tempat printing poster tim iGEM kami di Boston nanti. Hmm... rasanya agak deg-degan sih, soalnya ini pertama kalinya saya kontak dengan tim lain, apalagi sekelas MIT dan Boston University. Tapi kata Mbak Sausan, “Udah, pede aja!”. So, I did it!

Well, ini kisah pengantar dari saya. Mau yang lebih seru lagi??? Ikuti postingan saya selanjutnya yaa!!! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar