Link

Selasa, 08 April 2014

UTS di Depan Mata

Dear Dreamers,

Nggak terasa ternyata udah bulan April, which means... UTS semester 2 udah di depan mata!!! J
Nggak nyangka juga sih ternyata udah 3 bulan berlalu di semester ini. Banyak sekali hal-hal seru dan pelajaran-pelajaran berharga yang telah terjadi selama ini. Saya berharap proses yang telah saya lalui akan membuat saya semakin matang dalam menjalani kehidupan saya selanjutnya.



Anyway, di semester 2 ini ada 7 mata kuliah yang saya ikuti, yaitu Bahasa Indonesia, Kewarganegaraan, Biokimia, Sistematika Biologi, Genetika, Fisika, dan Bioinformatika. Dari semua mata kuliah ini, Genetika dan Biokimia adalah yang paling sulit menurut saya, karena perlu pemahaman mendalam untuk mempelajarinya (meskipun semua mata kuliah merupakan pendalaman pelajaran-pelajaran yang sudah didapat sebelumnya, 2 mata kuliah ini yang paling menguras ‘energi’). Tapi, saya selalu berusaha untuk memahami dulu konsep utama setiap mata kuliah kemudian mengerti tujuan dari masing-masing materi yang dipelajari, sehingga saya lebih mudah membahasakannya menurut pemahaman saya sendiri. Misalnya Biokimia mempelajari proses kimiawi yang terjadi dalam makhluk hidup, maka dalam setiap materi saya perlu paham kenapa proses itu harus terjadi, begitu juga dengan Genetika yang mempelajari tentang central dogma (alur proses perubahan DNA menjadi RNA lalu disintesis menjadi protein), jadi setiap proses yang terjadi di dalamnya selalu berakar dari konsep tersebut.

Saya bersyukur memiliki teman-teman serta dosen yang baik dan pengertian, sehingga dalam proses belajar saya tidak akan kebingungan sendiri ketika menemui materi yang rumit. Pun saya selalu berusaha membantu teman-teman saya ketika mereka kesulitan memahami materi yang dipelajari.

Untuk strategi belajar, yang penting saya paham dulu dengan konsep utamanya, baik dengan menghapal (most commonly strategy), mendengarkan penjelasan dari teman, melihat ilustrasi maupun video. Jangan lupa sebelum dan sesudah belajar diawali dan diakhiri dengan doa, supaya ilmu yang kita peroleh menjadi berkah J


Oke Dreamers, sekian dulu ya. Selamat be-UTS ria ;)

 Belajar bersama

 Materi hapalan sehari-hari :)

 Salah satu video

Belajar dari ilustrasi

2 komentar:

  1. Biokimia? Mengngatkan zaman kuliah dulu, waktu dosen nanyain siapa yang belum paham, eh dari 40 lebih mahasiswa cuma aku sendiri yang angkat tangan.Malu-maluin
    Blogmu keren juga ya.
    Ulul Azmi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaahhh..., segitu sulitnya ya??? Pengalaman yang sangat unik Bu.
      Alhamdulillah, makasih Ibu :)

      Hapus