Link

Rabu, 31 Desember 2014

Kaleidoskop 2014


Dear Dreamers!

Apa kabar semuanya? Wah, nggak terasa tahun 2014 sudah hampir berakhir. Petualangan saya di tahun ini sudah hampir usai. Edisi kali ini, saya ingin membuat semacam Kaleidoskop atas pencapaian yang telah saya raih di tahun 2014 ini.


Januari
Dimulai dari awal tahun, ada beberapa capaian yang berhasil saya raih. Pertama, saya meraih IP 4,00 semester pertama. Kemudian, aplikasi saya untuk magang riset di NIMS berhasil lolos seleksi di tingkat fakultas, dan berhak mengikuti seleksi tahap selanjutnya yaitu penilaian berkas oleh pihak NIMS. Alhamdulillah, suatu capaian yang tak pernah terduga sebelumnya. Saya tak pernah memimpikan IP 4,00 karena saya menyadari butuh usaha keras untuk bisa meraihnya. Pun dengan lolosnya aplikasi saya ke tahap selanjutnya, karena teman-teman yang lain juga tidak kalah kompetitif selama seleksi, sehingga saya tidak mematok target tinggi untuk lolos, namun lebih menekankan untuk berusaha semaksimal mungkin saja. Soal lolos tidaknya, itu bonus bagi saya.

Februari
Alhamdulillah, lomba aplikasi Bioteknologi 2014 berhasil kami selenggarakan. Ini merupakan kali kedua penyelenggaraan kompetisi yang pertama kali diselenggarakan saat saya masih SMA. Semoga dari peserta lomba ini akan muncul generasi FTB UTS yang tangguh dan berprestasi.

Maret
Subhanallah, aplikasi magang saya diterima NIMS! Saya berangkat ke Tsukuba! Saya hanya terdiam selama sesaat dan tersenyum sumringah. Rasanya benar-benar tidak percaya bisa diterima magang di sana. Lengkapnya silahkan baca di sini.

April
Selamat ulang tahun ke-19! Yup, 19 April tahun ini usia saya genap 19 tahun. Tak hanya itu, saya mendapat hadiah manis di bulan lahir saya ini. Karya tulis kemaritiman saya berhasil menjadi 10 besar finalis dalam National Maritime Essay Competition 2014 yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Sistem Perkapalan ITS (Himasiskal ITS), dan berhak mempresentasikan karya tulis saya di Surabaya. Alhamdulillah, saya berhasil membawa pulang gelar juara III. Tak hanya itu, saya mendapat teman-teman baru yang spektakuler! Tak hanya dari sesama finalis, saya juga berkenalan dengan teman-teman panitia yang baik-baik dan kece-kece, hehehe. Surabaya, thank you for having me!

Mei
Alhamdulillah, saya dapat kesempatan jalan-jalan lagi. Kali ini mengikuti Engagement Program yang diselenggarakan Pertamina Foundation yang diselenggarakan di Jakarta, Cirebon, dan Sukabumi. Saya mendapat banyak pengetahuan baru terutama tentang bagaimana PT Pertamina mengelola perusahaan dalam memproduksi berbagai produk energi yang dibutuhkan masyarakat. Semoga Pertamina semakin jaya dan mampu menjadi perusahaan ‘elit’ kelas dunia, aamiin.

Juni-Juli
Alhamdulillah saya dapat kesempatan emas bertemu Pak Sandiaga Uno, Dirut PT Adaro. Beliau orang yang sangat inspiratif menurut saya. Saya banyak belajar dari ceramah singkat beliau, terutama 4 Kartu As-nya: Kerja keras, Kerja cerdas, Kerja tuntas, dan Kerja ikhlas. Semoga suatu saat nanti saya juga bisa sukses di karir pilihan saya nantinya, aamiin.

Alhamdulillah, IP saya di semester 2 masih 4,00. Tantangan besar untuk semester selanjutnya. Semoga masih bisa menjaga IPK dengan baik, aamiin.

Agustus-September
Subhanallah, nama saya masuk dalam perwakilan tim Sumbawagen yang akan mengikuti jamboree ke Boston! Rasanya overwhelming banget! Saya harus berusaha lebih keras lagi agar mampu memberikan hasil maksimal bagi tim ini.

Bulan ini juga, saya mendapat kesempatan training di RS Kanker Dharmais, Slipi, untuk meningkatkan kemampuan riset saya sebelum berangkat ke Tsukuba. Di sana, saya dibimbing oleh Bu Febri, mahasiswa S-3 FKUI yang tahun sebelumnya magang di NIMS. Saya juga bertemu Kak Rizky, mahasiswa S-2 Biologi UI yang magang ke NIMS tahun 2012. Dari beliau berdua, saya mendapat banyak pengetahuan dasar dalam kegiatan lab serta kisah-kisah menarik selama mereka magang di Tsukuba.

Tak sampai di situ, saya juga mendapat kesempatan bersama teman-teman FTB UTS untuk bertemu Duta Besar Amerika Serikat untuk mempresentasikan aktivitas kami sebagai mahasiswa, khususnya persiapan menuju Boston.

Bulan September menjadi bulan yang hectic dengan project Sumbawagen. Yeah, the project is running!

Oktober-November
Inilah bulan kebeangkatan kami ke Boston untuk mengikuti iGEM Giant Jamboree 2014. Alhamdulillah, selama di sana ada banyak sekali kisah dan kesan yang terukir di hati saya. Dari kompetisi ini, kami berhasil membawa pulang medali perunggu, penghargaan Best Policy and Practices Shouts Out, dan iGEM Chairman’s Award. Tak hanya itu, saya juga mendapat banyak sekali teman-teman baru dari seluruh dunia, yang membuat keinginan saya berpetualang menjelajahi dunia ini semakin besar. Saya juga menemukan fakta bahwa orang Indonesia memang terkenal dengan keramahannya, menjadi tahu bagaimana rasanya menjadi kaum minoritas, serta merasakan sendiri betapa kuatnya rasa persaudaraan sebagai sesama umat muslim, saat bertemu umat muslim dari negara lain. Lengkapnya silahkan baca kisah-kisah saya ‘Sujud Syukur di Langit Obama’.

Desember
Akhirnya saya menginjakkan kaki di pulau paling eksotis di dunia: BALI! Yaah, kedatangan saya ke sini sebenarnya untuk mengurus visa Jepang saya. Namun karena ada cukup waktu, maka saya sempatkan untuk plesir ke beberapa tempat rekomendasi teman saya. Dan harus saya akui, Bali memang sangat indah!

Akhir tahun ini saya disibukkan dengan banyak hal. UAS saya dimajukan di akhir tahun, kursus bahasa Jepang, membeli segala keperluan untuk ke Jepang, membantu persiapan penanaman pohon Binong (walaupun saya tidak hadir di hari 'H'-nya), dan tentu saja banyak mempersiapkan diri, terutama fisik dan mental saya untuk berhadapan dengan satu lagi wajah dunia yang baru saja akan saya jajaki. Saya berharap, dari pengalaman saya di NIMS nanti, akan ada banyak kebaikan yang bisa saya bagikan untuk orang-orang di sekitar saya, dan untuk diri saya sendiri, aamiin.

Itulah catatan yang bisa saya torehkan di tahun 2014 ini. Memang masih banyak yang harus diisi, banyak hal yang harus diperbaiki lagi. Semoga tahun 2015 akan lebih banyak prestasi yang bisa saya torehkan, aamiin.


Selamat tinggal 2014. Terima kasih telah menemani saya berpetualang menjelajahi dunia ini dengan segala keajaibannya. J


Tidak ada komentar:

Posting Komentar